Search This Blog

Loading...
Your Ad Here

terkini

10 August 2009

Kisah Carrefour


Gerai Carrefour pertama di dunia, dibuka 3 Juni 1957 di Annecy, Perancis.




Gerai Carrefour Annecy saat ini.

Carrefour adalah sebuah jaringan hipermarket Perancis yang menempati urutan #1 terbesar di dunia. Memiliki arti nama ‘persimpangan’ dalam Bahasa Perancis, toko pertamanya dibuka di sebuah persimpangan di pinggiran kota Annecy, Perancis pada 3 Juni 1957. Dengan berbagai penggabungan perusahaan, dan pengenalan produk buatan sendiri, akhirnya Carrefour berhasil menjangkau setiap pelosok dunia.

Terkadang bagi setiap orang, bila kita melihat logonya yang seperti ini…



…mereka melihat ada segitiga dan sebagainya, tapi sebenarnya logonya berupa huruf ‘C’ (untuk Carrefour) yang membelah sebuah ketupat, sebelah kiri merah, sebelah kanan biru (mungkin seolah-olah bendera Perancis yang dibalik ya).

Di Indonesia, Carrefour pertama kali dibuka tahun 1998, dan sejak itu hingga sekarang, mereka telah membuka 61 hipermarket dan 12 supermarket (pertama di Asia) di seluruh Indonesia. Tetapi di Perancis, jumlah gerai Carrefour bila digabungkan semuanya (hipermarket, supermarket, dll.) dapat mencapai 5.500 gerai. Meskipun banyak cabangnya, Carrefour masih menempati peringkat #2 di dunia dalam pendapatan dan #3 dalam keuntungan.

No comments:

Popular Posts