Search This Blog

Loading...
Your Ad Here

terkini

11 April 2011

macam macam ....Rusa Jantan Menjaga Angsa Betina Mengeram



Seekor rusa selama beberapa hari telah menjaga angsa betina yang sedang mengerami telur di sebuah kompleks pemakaman di New York, seperti adegan yang biasanya muncul di filem kanak-kanak.

"Orang-orang mau mengubahnya menjadi satu kisah Disney," kata Gina Browning, Pengarah Erie County SPCA.

Rusa jantan itu telah berdiri dan berjaga-jaga sekurang-kurangnya empat hari di sarang angsa betina Kanada sementara angsa tersebut mengerami telurnya di satu tempat di amana abu mayat di pemakaman Forest Lawn, tempat dimakamkannya presiden Millard Fillmore dan ikon muzik rock Rick James.

"Rusa jantan itu kelihatan seperti menjaga angsa betina tersebut, secara alamiah," kata Pentadbir Margasatwa Erie County SPCA Joel Thomas. "Ia berdiri tak jauh dari angsa betina itu, tak ada keraguan mengenai apa yang sedang berlangsung."

Rusa tersebut, yang kelihatan seperti rusa jantan yang mulai tumbuh tanduk, tak pernah meninggalkan tempatnya. Beberapa pegawai pemakaman sedar mengenai keadaan itu setelah haiwan tersebut menempatkan dirinya di antara unggas itu dan seorang pegawai dari satu perusahaan yang menangkap dan menempatkan kembali angsa liar itu. Thomas menyatakan unggas itu telah menimbulkan masalah jika jumlahnya banyak.

"Ketika pegawai itu mendekati angsa tersebut dengan membawa jaring, rusa jantan tersebut menempatkan dirinya di antara pegawai dan unggas tersebut, dan haiwan itu mengulangi perbuatannya beberapa kali," kata Thomas.

Rusa tersebut, yang menempatkan dirinya sebagai pelindung dari setiap kenderaan atau pejalan kaki yang mendekati sarang angsa itu, memandang dengan tajam sampai orang yang mungkin cuba bertindak liar akan berlalu, katanya.

Mengapa rusa tersebut telah memilih untuk melindungi haiwan dari lain spesies adalah pertanyaan yang sukar untuk dijawab, kata Thomas. Meskipun saling bergantungan di antara spesies di alam liar bukanlah sesuatu yang tak pernah didengar, Thomas mengatakan, apa pun yang menyebabkan jalinan hubungan di antara haiwan itu membuat orang bertanya-tanya.

"Dari perspektif manusia, kita dapat mengisi banyak bahagian yang kosong tapi itu tak berarti kita benar," katanya. "Apakah rusa tersebut tahu sang angsa betina itu sedang mengerami telur? Saya tidak tahu. Apakah ia akan pergi ketika telur menetas? Saya tidak tahu."

Satu hal yang jelas, peristiwa itu dapat berlangsung selama beberapa ketika. Masa mengerami buat angsa Kanada mencapai 31 hari, kata Thomas, dan masa mengerami itu baru saja bermula. Meskipun biasanya angsa jantan dan betina membahagikan tugas menjaga telur agar tetap hangat, calon ibu di Forest Lawn tersebut tampaknya menikmati kemewahan.

"Jika rusa itu bertekad bulat, ia akan melakukan tugas tersebut setidaknya selama tiga minggu," kata Thomas. "Kasih sayang yang mendalam" dan bukan emosi dirasakan menjadi penggerak rusa jantan itu. "Rusa tersebut dan angsa itu tidak mungkin saling jatuh cinta," kata Thomas.

No comments:

Popular Posts